Senin, 24 Oktober 2011

Curug Cibeureum, Pondok Halimun


 pintu gerbang buper pondok halimun

“sesuatu yang indah-indah letaknya tersembunyi” mungkin kutipan tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita, kenyataannya memang banyak tempat-tempat yang indah dilihat dari segi kultur, budaya, pemandangan ataupun keanekaragaman yang terkandung didalamnya letaknya jauh dari pusat kota. Seperti yg saya kunjungi saat ini “curug cibeureum” berada dipondok halimun atau bagi sebagian orang  lebih akrab dikenal dengan sebutan “PH” yang terletak di sebelah utara sukabumi sekitar 10 km dari pusat kota kearah Selabintana.


Menuju air terjun cibeureum tidaklah terlalu jauh hanya sekitar 2,5 km dari pintu masuk buper Halimun, jalurnya pun tidak terlalu sulit dengan mengikuti jalur berbatu yang sudah disediakan dan sedikit menanjak. Walaupun sedikit menguras tenaga tapi semua rasa capek terbayar dengan udara yang cukup sejuk, tak heran karena tempat ini berada diketinggian antara 1.300 – 1.340 mdpl dan pemandangan khas hutan hujan tropis yang menyegarkan mata, terlebih jika sudah sampai di air terjun cibeureum dan merasakan suasana dan kesegaran dari air terjun ini.

 jalur menuju air terjun dilengkapi penunjuk jalan dan papan informasi keanekaragaman hayati diareal tsb


Selain mengunjungi air terjun Cibeureum banyak kegiatan yang dapat dilakukan di tempat ini lebih-lebih bagi para penggiat olahraga alam bebas diantaranya Tea walk atau berkeliling kebun teh, bersepeda gunung, berkemah atau sebagai tempat penelitian karena tempat ini merupakan salah satu habitat dari berbagai jenis flora dan fauna yang ada di pulau Jawa antara lain Elang Jawa (Nisaetus bartelsi), Owa Jawa (Hylobates moloch), Kukang (Nycticebus coucang) dan lain sebagainya (sayang tidak mendapatkan foto satwa-satwa tersebut). berikut beberapa foto air terjun cibeureum




 














Untuk menuju tempat ini tidak terlalu sulit bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum ( dari terminal sukabumi naik angkot menuju swalayan yogya lalu disambung angkot warna merah jurusan selabintana). Untuk tiket masuk ke Pondok Halimun cukup dengan Rp. 3000 bagi pejalan kaki, Rp. 8000 kendaraan roda dua, dan rombongan bus besar Rp. 135.000 plus Rp. 5000/org untuk tiket masuk menuju objek wisata curug cibeureum. Selamat menikmati.

pos curug cibeureum, dari sini sekitar 1km lagi menuju curug

Tidak ada komentar:

Posting Komentar